Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs
Senin, 09 Juni 2014

KURIKULUM 2013

KURIKULUM 2013

Pendidikan di Indonesia saat ini menitikberatkan pada upaya penyiapan individu yang mampu melakukan tugas-tugas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Saat ini, pembelajaran yang dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan harus mengarahkan siswa yang harus lebih aktif dalam menggali informasi-informasi atau wawasan dan pengetahuannya. Hal ini sesuai dengan tuntutan isi kurikulum terbaru saat ini yaitu kurikulum 2013, yang mana guru hanya bertindak sebagai fasilitator dalam pembelajaran dan siswalah yang lebih aktif dalam menggali materi. Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan kegiatan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran perlu berpusat pada peserta didik, mengembangkan kreatifitas peserta didik, menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang, bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinstetika, dan menyediakan pengalaman belajar yang beragam.
Kurikulum 2013 sekarang ini lebih menekankan pada pembelajaran yang bersifat tematik. Guru dituntut untuk bisa mengkemas tema-tema yang telah diberikan pemerintah agar menjadi pembelajaran yang terpadu, dan dapat disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Mengkemas yang dimaksud adalah guru bisa menggabungkan tema yang dianggap berhubungan, ataupun mendahulukan tema yang dianggap lebih mudah diserap siswa. Jadi tema yang diberikan dari yang lebih mudah ke yang semakin sulit, agar siswa lebih mudah memahami dan mudah menangkap dan mengingat materi yang telah diberikan oleh guru. Kurikulum merupakan bagian utama dari pendidikan yang mempunyai dua sifat, yaitu given dan menyesuaikan. Given mengandung arti bahwa kurikulum tersebut berasal dari pemerintah yang bagian-bagiannya tidak boleh diubah oleh seorang guru karena mutlak harus ada. Sedangkan menyesuaikan artinya kurikulum tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan mengajar guru. Berdasarkan sifat menyesuaikan ini, peranan guru sangatlah penting, karena guru lah yang akan menentukan bagaimana pembelajaran berlangsung sehingga siswa bisa memahami dan menerima materi yang telah diberikan.

Berdasarkan pengalaman saya, kesulitan-kesulitan yang saya alami saat mengkemas tema-tema yang ada dalam kurikulum 2013 adalah memilih tema-tema yang sesuai dan bisa digabungkan dalam pembelajaran. Hal ini dikatakan sulit karena, guru harus mengetahui karakteristik materi-materi yang ada, sehingga nantinya bisa menggabungkan materi yang saling terkait dalam pembelajaran. Kesulitan lain yang saya alami adalah menentukan waktu setiap tema yang akan diberikan. Guru harus bisa mengatur waktu setiap materinya, agar semua materi bisa terelesaikan tepat waktu dan tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan yang diinginkan secara optimal.

0 komentar:

Posting Komentar